Format baru Liga Champions yang kontroversial akan disetujui Senin

Rencana UEFA untuk mengubah 36 tim Liga Champions akan dibahas pada hari Senin, dengan komite eksekutif diharapkan untuk menyetujui proposal kontroversial tersebut.

Format baru, yang akan dimulai pada 2024 dan berjalan hingga setidaknya 2033, bergerak selangkah lebih dekat pada hari Jumat setelah pertemuan antara dewan Asosiasi Klub Eropa dan komite kompetisi klub UEFA.

Apa yang disebut ‘model Swiss’ akan melihat tim bersaing dalam satu liga yang terdiri dari 36 tim – alih-alih sistem saat ini di mana 32 tim dibagi menjadi delapan kelompok empat – dan menjamin setiap klub 10 pertandingan berdasarkan unggulan.

Format baru, yang menjamin klub empat pertandingan lebih banyak daripada di fase grup saat ini, membawa Liga Champions dari 125 menjadi 225 pertandingan dan akan membuat sakit kepala besar bagi penjadwal domestik.

Ketua EFL Rick Parry mengatakan itu akan menjadi “ancaman besar” bagi Piala Carabao dan Asosiasi Sepak Bola juga menulis kepada UEFA untuk mengungkapkan keprihatinannya.

Kelompok penggemar, termasuk dari Manchester United dan Arsenal, mengatakan dalam sebuah surat terbuka kepada ketua ECA dan bos Juventus Andrea Agnelli, rencana untuk merestrukturisasi Liga Champions “menghadirkan ancaman serius bagi seluruh pertandingan”.

Surat yang ditandatangani oleh 17 kelompok penggemar dari 14 tim yang klubnya berada di ECA, termasuk Ajax, Real Madrid, Bayern Munich dan Borussia Dortmund, mengatakan itu adalah “perebutan kekuasaan secara terang-terangan” dan akan “menghancurkan kalender domestik”.

Format baru ini akan membuat delapan besar liga lolos secara otomatis ke babak 16 besar babak sistem gugur, dengan tim finis kesembilan dan ke-24 bermain untuk delapan tempat tersisa.

Leave a Reply